Selasa, 29 Desember 2015

Flowchart Proses Belanja Online Lazada



Gambar diatas merupakan  flowchart proses. Flowchart Proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Flowchart Proses digunakan oleh perekayasa industrial dalam mempelajari dan mengembangkan proses-proses manufacturing. Dalam gambar adalah proses belanja online di lazada. Pertama-tama customer memilih barang yang diinginkan dengan mengakses website lazada yaitu www.lazada.co.id. Kemudian customer mengecek detail informasi dari produk-produk yang diinginkan. Apabila sesuai, customer mengkonfirmasi trolli belanja. Namun apabila belum sesuai keinginan, customer kembali memilih barang yang diinginkan.
Setelah mengkonfirmasi trolli belanja, customer harus melakukan log in di lazada. Apabila customer telah erdaftar menjadi member, customer dapat langsung mengisikian alamat tujuan. Tetapi apabila belum menjadi member, customer harus melakukan sign up terlebih dahulu. Sesudah mengisikan alamat tujuan, customer harus memilih metode pembayaran yang ingin dilakukan. Pilihan pembayaran ada dua yaitu yang dibayar ketika barang sampai di alamat tujuan atau dengan mengirim sejumlah nominal yang sesuai harga barang yang dipesan melalui rekening bank customer.

Ketika customer memilih metode pembayaran secara transfer, customer harus memilih bank tujuan terlebih dahulu, karena lazada memiliki beberapa bank yang secara umum sering dipakai oleh kebanyakan customer. Setelah memilih bank tujuan yang sesuai dan mengirim sejumlah nominal yang tertera, customer mengkonfirmasi dengan mengirim bukti transfer dalam bentuk foto. Kemudian pihak lazada akan menkonfirmasi kembali tanggal beserta jumlah nominal yang telah kita kirim, dan berikutnya lazada akan mengirimkan barang yang dipesan. Terakhir customer menunggu barang pesanan sampai di rumah.

1 komentar: